Sabtu, 03 Agustus 2013

Sosialisasi & Awareness CAP Rayon Lamang


Pagi di akhir Juli 2013 itu cuaca sangat cerah di kantor kami, orang-orang di kantor PLN Rayon Lambung Mangkurat berduyun-duyun masuk ke ruang manajer. Memang pagi itu kami sengaja dikumpulkan untuk sosialisasi suatu program. Setelah masuk ke ruangan manajer kami masih saling menyapa, mengobrol dan bercanda, memang karena acara sosialisasi pagi itu belum di mulai.
Inilah sedikit gambaran suasana kekeluargaan kami sebelum di mulainya acara sosialisasi dan awareness Change Agent Progam (CAP) di PLN Rayon Lambung Mangkurat. Memang, acara yang seharusnya dilaksanakan di awal bulan Juli 2013, baru secara resmi kami laksanakan di akhir bulan. Maklum, PLN Rayon Lambung Mangkurat adalah salah satu rayon tersibuk di PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.
Acara pagi itu di mulai dengan penjelasan Manajer PLN Rayon Lambung Mangkurat, (Bapak Suyanto) tentang apa itu CAP. Dijelaskan oleh Manajer bahwa CAP merupakan suatu program atau sistem yang membawa ke perubahan atau berubah ke arah yang lebih baik secara menyeluruh dan berkelanjutan. Dimana perubahan itu tidak hanya dari segi sistem atau teknik, tapi juga dari segi Mindset SDM dan Infrastrukturnya. Dan mengangkat, menggali, mencari akar permasalahannya, mencari solusi, ide-ide perbaikan itu dari pegawai sendiri baik itu pegawai PLN, outsourcing, Cleaning service, dan Satpam.
Menurut Manajer Rayon, program seperti CAP memang tidak biasa karena di PLN biasanya dan lebih sering menerapkan program keteknikan atau penjualan yang langsung kelihatan hasilnya secara fisik. CAP merupakan program yang tidak langsung terlihat hasilnya tetapi akan menjadi landasan kuat untuk memberi hasil yang lebih baik.
Jadi program CAP bukanlah kegiatan yang berorientasi pada hasil kinerja secara langsung. Program itu berorientasi pada perubahan mindset atau pola pikir seluruh insan PLN. Perubahan mindset yang terjadi diharapkan bisa melandasi perbaikan kinerja operasi. Program ini ingin memfasilitasi setiap insan di unit agar siap menerima perubahan sebagai sesuatu yang tidak bisa dihindari sepanjang sejarah kehidupan.

Pada hari kedua, penambahan materi di sampaikan oleh Supervisor Pelayanan Pelanggan & Administrasi, Bapak M. Syaheddy Reza Wijaya. Beliau menyampaikan bahwa suatu program harus mempunyai tujuan, strategi yang jelas dan evaluasi pelaksanaannya. Beliau menjelaskan bahwa salah satu strategi untuk melaksanakan CAP yaitu harus mempunyai road map yang jelas. Untuk program perubahan (CAP) ini telah ada strategi yang harus dilaksanakan yaitu di mulai dari:
COC (Code Of Conduct) -> 5S ->Visual & Perilaku -> kinerja
“Tentu harus di evaluasi pelaksanaannya dari hari ke hari, agar tidak melenceng dari jalur program yang sedang dilaksanakan.” Ujar beliau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar