Perubahan dalam suatu organisasi merupakan kebutuhan yang tidak dapat
dihindari. Secara terus menerus organisasi harus menyesuaikan diri dengan
tuntutan dan perubahan jaman. Proses penyesuaian
dengan perubahan jaman merupakan salah
satu permasalahan besar yang dihadapi organisasi modern. Banyak kita lihat perusahaan-perusahaan besar jatuh akibat tidak mampu
memenuhi tuntutan perubahan jaman.
Untuk itu, PLN berkomitmen untuk
melakukan perubahan (metamorfosa) dalam menghasilkan kinerja operasi
yang unggul sesuai tuntutan jaman. Salah satu program metamorfosa di tubuh
PLN adalah Change Agent Program (CAP). Program ini ditetapkan berdasarkan pertimbangan bahwa perbaikan kinerja
operasi akan terjadi kalau ada perubahan mendasar dalam sikap orang-orang yang
melaksanakan tugas operasional di lapangan yaitu di unit pelaksana.
CAP merupakan suatu
program atau sistem yang membawa ke perubahan atau berubah ke arah yang lebih
baik secara menyeluruh dan berkelanjutan. Dimana perubahan itu tidak hanya dari
segi sistem atau teknik, tapi juga dari segi Mindset SDM dan Infrastrukturnya.
Dan mengangkat, menggali, mencari akar permasalahannya, mencari solusi, ide-ide
perbaikan itu dari pegawai sendiri baik itu pegawai PLN, outsourcing, Cleaning
service, dan Satpam.
Ruang lingkup CAP adalah perubahan
Paradigma, Mindset Shifting, dan
Pemahaman tentang Program atau Implementasi Perubahan di PLN untuk menunjang
terlaksananya program Metamorfosa PLN. Setiap agen perubahan diharapkan mampu
berperan sebagai pemicu, penggerak, dan pemacu perubahan di PLN pada berbagai
level kegiatan.
Program seperti CAP ini memang tidak biasa karena di PLN biasanya dan lebih sering
menerapkan program keteknikan atau penjualan yang langsung kelihatan hasilnya
secara fisik. Change Agent Program merupakan program yang tidak langsung terlihat hasilnya tetapi akan
menjadi landasan kuat untuk memberi hasil yang lebih baik.
Jadi
program CAP bukanlah kegiatan yang berorientasi pada hasil kinerja secara
langsung. Program itu berorientasi pada perubahan mindset atau pola pikir
pegawai PLN. Perubahan mindset yang terjadi diharapkan bisa melandasi perbaikan
kinerja operasi. Program ini ingin memfasilitasi setiap insan
di unit agar siap menerima perubahan sebagai sesuatu yang tidak bisa dihindari
sepanjang sejarah kehidupan. Kalimat bijak menyatakan bahwa yang kekal itu
adalah perubahan itu sendiri.
(Ditulis dari berbagai sumber)
Minta maaf sebelumnya , kok sering mati lampu ! berikan alasan
BalasHapus