TENTANG CAP


Perubahan dalam suatu organisasi merupakan kebutuhan yang tidak dapat dihindari. Secara terus menerus organisasi harus menyesuaikan diri dengan tuntutan dan perubahan jaman. Proses penyesuaian dengan perubahan jaman merupakan salah satu permasalahan besar yang dihadapi organisasi modern. Banyak kita lihat perusahaan-perusahaan besar jatuh akibat tidak mampu memenuhi tuntutan perubahan jaman.

Untuk itu, PLN berkomitmen untuk melakukan perubahan (metamorfosa) dalam menghasilkan kinerja operasi yang unggul sesuai tuntutan jaman. Salah satu program metamorfosa di tubuh PLN adalah Change Agent Program (CAP). Program ini ditetapkan berdasarkan pertimbangan bahwa perbaikan kinerja operasi akan terjadi kalau ada perubahan mendasar dalam sikap orang-orang yang melaksanakan tugas operasional di lapangan yaitu di unit pelaksana.

CAP merupakan suatu program atau sistem yang membawa ke perubahan atau berubah ke arah yang lebih baik secara menyeluruh dan berkelanjutan. Dimana perubahan itu tidak hanya dari segi sistem atau teknik, tapi juga dari segi Mindset SDM dan Infrastrukturnya. Dan mengangkat, menggali, mencari akar permasalahannya, mencari solusi, ide-ide perbaikan itu dari pegawai sendiri baik itu pegawai PLN, outsourcing, Cleaning service, dan Satpam.

Ruang lingkup CAP adalah perubahan Paradigma, Mindset Shifting, dan Pemahaman tentang Program atau Implementasi Perubahan di PLN untuk menunjang terlaksananya program Metamorfosa PLN. Setiap agen perubahan diharapkan mampu berperan sebagai pemicu, penggerak, dan pemacu perubahan di PLN pada berbagai level kegiatan.

Program seperti CAP ini memang tidak biasa karena di PLN biasanya dan lebih sering menerapkan program keteknikan atau penjualan yang langsung kelihatan hasilnya secara fisik. Change Agent Program  merupakan program yang tidak langsung terlihat hasilnya tetapi akan menjadi landasan kuat untuk memberi hasil yang lebih baik.

Jadi program CAP bukanlah kegiatan yang berorientasi pada hasil kinerja secara langsung. Program itu berorientasi pada perubahan mindset atau pola pikir pegawai PLN. Perubahan mindset yang terjadi diharapkan bisa melandasi perbaikan kinerja operasi. Program ini ingin memfasilitasi setiap insan di unit agar siap menerima perubahan sebagai sesuatu yang tidak bisa dihindari sepanjang sejarah kehidupan. Kalimat bijak menyatakan bahwa yang kekal itu adalah perubahan itu sendiri.

(Ditulis dari berbagai sumber)

1 komentar:

  1. Minta maaf sebelumnya , kok sering mati lampu ! berikan alasan

    BalasHapus